• Privacy Policy
  • Buku Tamu

fisika indonesia

Media pembelajaran online ilmu fisika

  • Home
  • Materi SMA
  • Materi SMP
  • Rumus-rumus
Home » fisika modern » listrik magnet » penemuan fisika » Sistem Kerja Kereta Maglev (Kereta Tercepat di Dunia)

Sistem Kerja Kereta Maglev (Kereta Tercepat di Dunia)



Pernah mendengar kereta Maglev?
Menurut wikipedia, MagLev adalah singkatan dari MAGnetically LEVitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. Sering juga disebut kereta api magnet.
Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor induksi. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 650 km/jam (404 mpj) jauh lebih cepat dari kereta biasa. Beberapa negara yang telah menggunakan kereta api jenis ini adalah Jepang, Perancis, Amerika, dan Jerman. Dikarenakan mahalnya pembuatan relnya, di dunia pada 2005 hanya ada dua jalur Maglev yang dibuka umum, di Shanghai dan Kota Toyota.
Ada tiga jenis teknologi maglev:
  • Yang tergantung pada magnet superkonduktivitas (suspensi elektrodinamik)
  • Yang tergantung pada elektromagnetik terkontrol (suspensi elektromagnetik)
  • Yang terbaru, mungkin lebih ekonomis, menggunakan magnet permanen (Inductrack)


saat ini banyak bermunculan kereta supercepat. Contohnya tgv di prancis, amtrak acela express di usa, ice di jerman, dan shinkansen di jepang. Mereka semua adalah pemegang rekor kereta supercepat di negara masing-masing. Kecepatannya berkisar 300 km/jam. Dan mereka semua berjalan menggunakan roda di atas rel kereta biasa.
pada awalnya kereta maglev tidak dirancang sebagai kereta supercepat, namun hanya dipakai di dalam kota saja. Dan kecepatannya pun hanya 60 km/jam. Namun dalam perkembangnya, kereta ini justru mampu menembus dengan kecepatan 400 km/jam

 cara kerja kereta maglev

ada dua cara kerja kereta maglev ini, yang biasa membuat mengambang yang pertama adalah ems (electromagnetic supension). Menggunakan tenaga magnet listrik biasa dari rel, agar kereta dapat terangkat 10 milimeter. Namun, cara ini tidak stabil. Akibatnya, jarak mengambang harus selalu dikontrol. Ketika daya megnet berkurang, kereta bisa turun dan menabrak rel. Cara ini pertama kali dikembangkan di jerman.

cara yang kedua adalah eds (electrondynamic supension). Menggunakan tenaga magnet superkonduktor. Tenaga ini mampu mengangkat kereta sejauh 100 hingga 150 milimeter. Cara ini jauh lebij stabil ketimbang cara yang pertama. Daya angkat yang dihasilkan tidak hanya melalui guideway saja, tetapi juga dari kereta itu sendiri. Magnet superkonduktor ini harus selalu didinginkan dengan alat pendingin pada kereta maglev agar tidak mudah rusak.

 bagaimana kereta maglev berjalan?


dalam keadaan berhenti, kereta maglev tidak mengambang di atas rel. Saat akan berangkat, magnet superkonduktor dinyalakan dan kereta mulai mengambang di atas rel sejauh 100 milimeter. kemudian, magnet superkonduktor itu mengatur posisi kereta maglev agar tepat di tengah jalur guideway supaya saat nantinya berjalan, kereta maglev tidak menyerempet lintasan. Setelah menemukan posisi yang tepat, komputer akan mengunci posisi tersebut dan menstabilkan magnet superkonduktor agar posisi kereta tidak berubah. setelah semua siap, maka magnet superkonduktor pada kereta dan magnet pada bagian dinding rel akan menciptakan daya saling menarik dan mendorong secara berulang-ulang sehingga nantinya daya tersebut akan menggerakkan kereta maglev untuk memulai perjalanannya,
teknologi kereta maglev terus dikembangkan. Sebab, sangat banyak manfaatnya. Selain dapat melaju dengan cepat, kereta maglev sangat mudah direm, sehingga tingkat keamanan lebih baik daripada kereta biasa. Dengan berjalan mengambang, penumpang akan merasa nyaman karena tidak ada getaran seikitpun. Selain itu kereta maglev tidak menimbulkan suara bising dan tidak menimbulkan asap hasil pembakaran. 



 
Posted by Unknown on - Rating: 4.5
Title : Sistem Kerja Kereta Maglev (Kereta Tercepat di Dunia)
Description : Pernah mendengar kereta Maglev? Menurut wikipedia, MagLev adalah singkatan dari MAGnetically LEVitated trains yang terjemahan bebasnya a...

Share to

Google+ Twitter

0 Response to "Sistem Kerja Kereta Maglev (Kereta Tercepat di Dunia)"

Post a Comment

Newer Post
Older Post
Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Saran Materi

  • soal dan pembahasan : gelombang
  • Pembahasan Soal Rangkaian Listrik bagian 2
  • soal dan pembahasan : suhu dan kalor
  • makalah fisika : Efek Hall
  • Persamaan Schrodinger : Bergantung Waktu
  • Medan Magnet di Sekitar Kawat Melingkar Berarus
  • soal dan pembahasan : dinamika gerak rotasi
  • massa jenis
  • Mengenal Mekanisme Baling – 2, Aerodinamika dan Manuver Helikopter
  • soal dan pembahasan : teori kinetik gas
Copyright © 2012 fisika indonesia - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Sains Mini |Biologi Indonesia - Powered by Blogger